Sunday 24 August 2014

MY FOOd Ball



Ups... it's about footbal?
Tepatnya 9th yang lalu, gw ngikutin perkembangan persepakbolaan indonesia. Mulai dari rusuh, tawuran antar club, ugal-ugalan dijalan, dll sudah pernah gw rasain semua. (^@^).

Selama 9th ini gw ngikutin perkembangannya, sepakbola indonesia nampaknya sudah bergeser dikit demi sedikit. yang tadinya murni untuk olahraga, tapi kini ada muatan politiknya. Mulai dari pengerahan masa suporter yang begitu banyaknya, wasit, hingga pelatih. Semuanya pasti ada muatan politik, jelas saja sepakbola kita gak pernah tembus ke level dunia yah?heran juga...

Oiyah,... kenalin. nama gw Suga, gw bukan komentator sepakbola dan juga bukan pengamat sepakbola. gw cuma ngikutin sedikit-demi sedikit perkembangan sepakbola indonesia. hehehehee...

sepakbola indonesia jelas berbeda dengan sepakbola eropa, ada beberapa perbedaan yang sangat mencolok yang bisa kita ketahui dari keduanya, yaitu :
1. Sepakbola indonesia menggunakan bahasa Indonesia, jarang pake bahasa inggris (apalagi bhs tiongkok).
2. Suporter Indonesia 80% adalah pribumi yang tinggal di Indonesia, 20% lagi adalah orang indonesia.
3. Suporter Pria dan Wanita yang hadir langsung ke stadion rata-rata berbeda jenis kelaminnya. gak ada yang sama.
4. yang paling mencengangkan adalah bola yang digunakan untuk bermain sepakbola di Indonesia, itu beda dengan yang digunakan untuk bermain sepak takraw. (gokil).


No comments:

Post a Comment